JawaPos.comPlatform perpesanan instan milik Meta, WhatsApp banyak digunakan karena antarmuka pengguna dan aksesibilitasnya yang kuat. Selain itu, platform tersebut juga terus berbenah dengan hadirnya fitur-fitur baru.

Kabar terbaru, pengembang saat ini sedang menguji beberapa fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim foto dalam kualitas aslinya. Sampai saat ini, ketika pengguna berbagi file media, WhatsApp akan secara otomatis mengompresnya untuk menghemat ruang dan bandwidth.

Saat gambar dibagikan di platform perpesanan tersebut, gambar tersebut akan dikompresi oleh WhatsApp. Karena proses kompresi ini jelas akan mengurangi kualitas gambar dan detailnya.

Fitur baru di WhatsApp beta ini bisa digunakan untuk mengirim gambar berkualitas tinggi dengan mengetuk ikon ‘Pengaturan’ yang terletak di header alat. Saat diketuk, pengguna dapat memilih kualitas foto yang mereka bagikan.

Pilihannya termasuk berbagi gambar dalam kualitas aslinya. Fitur ini akan sangat berguna karena pengguna WhatsApp tidak lagi harus membagikan file mereka sebagai ‘Dokumen’ yang tidak memungkinkan seseorang untuk melihat pratinjau gambar yang dilampirkan.

Yang menarik untuk diperhatikan adalah bagaimana kemampuan untuk berbagi gambar berkualitas lebih tinggi sudah tersedia di aplikasi perpesanan pesaing seperti Telegram untuk sementara waktu.

Fitur baru saat ini sedang dalam pengembangan. Pengguna Whatsapp dapat merasakan fitur ini dengan mendaftar untuk fitur beta di Google Play Store atau Apple App Store. Sampai sekarang, tidak ada kabar kapan perusahaan akan meluncurkan fitur baru untuk smartphone.

Seperti sudah disinggung di atas, selama beberapa bulan terakhir, WhatsApp telah memperkenalkan beberapa fitur baru seperti dukungan untuk server proxy, yang memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp mereka di negara-negara tempat situs perpesanan diblokir/dilarang.

Fitur lain termasuk pembaruan status laporan, status enkripsi ujung-ke-ujung yang ditunjukkan dalam obrolan, memblokir kontak dari bilah notifikasi, meneruskan media dengan teks dan banyak lagi. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *