4 Tips Memilih Baby Book yang Tepat dan Aman

Diposting pada 86 views
Tips Memilih Baby Book – Siapa bilang bayi tidak bisa di berikan bacaan buku? Memperkenalkan buku kepada si kecil sejak dini justru sangat baik karena bisa mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Akan tetapi perlu di ketahui buku untuk bayi tentu berbeda dengan buku untuk anak usia 5 tahun keatas. Hal itu di karenakan keterbatasan dan pengetahuan si kecil yang masih sangat minim sehingga buku yang di berikan harus di sesuaikan dengan usianya. Salah satu jenis buku yang paling di rekomendasikan untuk di berikan kepada bayi adalah buku dengan bahan kain atau yang lebih kita kenal dengan baby book atau soft book. Buku jenis ini memang di buat khusus untuk bayi, akan tetapi tidak semua baby book itu aman di berikan kepada bayi. Nah, di artikel ini kita akan membahas bagaimana tips memilih baby book yang aman dan edukatif tentunya.

Tips Memilih Baby Book yang Aman

Di luar sana ada banyak sekali yang jual baby book dengan berbagai varian, series seta tema-tema yang tentunya bisa menarik perhatian si kecil. Akan tetapi jangan langsung tergiur dengan itu semua. Orang tua perlu memastikan beberapa hal di bawah ini sebelum membeli baby book untuk si kecil.

1.Cek Bahan yang di Gunakan

Karena buku ini akan di berikan untuk si kecil, tentu bahan yang di gunakan haruslah lembut, halus dan tidak melukai kulit si kecil ketika memegangnya. Adapun kain yang paling ideal untuk bahan dasar pembuatan baby book adalah polyester dan flanel yang memang mempunyai tekstur lembut ketika bersentuhan dengan permukaan kulit.
Baca Juga:  5 Hotel Murah di Tangerang yang Cocok untuk Staycation
Sebelum memutuskan untuk membeli buku, ada baiknya orang tua memastikan kualitas dari bahan yang di gunakan. Yakni dengan cara menyentuh langsung buku tersebut dengan tangan. Pastikan juga keseluruhan buku memang terbuat dari bahan yang lembut dan aman untuk si kecil.

2.Tidak Memiliki Bagian yang Mudah Terlepas

Seperti yang kita tahu jika bayi sangat senang memasukkan benda ke dalam mulutnya sebagai salah satu bentuk eksplorasi. Sebagai orang tua tentu kita khawatir karena benda yang di masukkan tersebut bisa saja membuat si kecil tersedak. Nah, maka dari itu usahakan untuk memilih baby book yang memiliki bahan yang tidak mudah di lepas oleh tangan kecil si bayi. Biasanya bagian yang mudah untuk lepas adalah aksesoris tambahan pada buku seperti tempelan hewan, hirif atau sejenisnya. Sehingga jika di tarik kemungkinan bisa lepas. Karena bentuknya yang kecil tentu sangat berbahaya bagi si kecil, sehingga orang tua harus jeli dalam memilihnya.

3.Pilih Buku dengan Warna Kontras

Baby book sangat cocok di berikan kepada bayi yang berusia di bawah 2 tahun. Nah agar bisa menstimulasi indranya seperti pengelihatan dan peraba maka berikanlah buku yang memiliki warna kontras. Buku-buku yang memiliki tekstur juga sangat baik untuk menstimulasi indera peraba si bayi agar bisa mengenal berbagai macam tekstur benda yang ada di sekitarnya.

4.Lihat Isi Buku

Buku yang baik untuk di berikan ke si kecil tidak selalu buku yang mahal, akan tetapi buku yang bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan si bayi. Maka dari itu para orang tua harus memperhatikan isi buku yang akan di berikan. Pastikan jika isi buku tersebut memang memiliki nilai edukasi yang tinggi untuk si kecil agar pertumbuhannya bisa lebih optimal.
Baca Juga:  6 Browser yang Bisa Jadi Pengganti Microsoft Edge
Demikianlah ulasan kami tentang tips memilih baby book yang aman untuk si kecil. Jangan sampai orang tua asal-asalan dalam memberika bahan pembelajaran untuk si kecil karena itu bisa mempengaruhi pertumbuhannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *