JAKARTA – Perusahaan teknologi Samsung Electronics Co. mengatakan bahwa pihaknya telah memulai pengoperasian lini manufaktur chip terbesar dan tercanggih barunya di Korea Selatan.

Dilansir Yonhap, Kamis, lini produksi baru (P3) di Pyeongtaek, fasilitas manufaktur chip terbesar yang pernah dibangun hingga saat ini oleh Samsung, telah memulai produksi flash NAND canggih sejak Juli.

“Kampus Pyeongtaek dengan cepat muncul sebagai pusat manufaktur utama Samsung untuk semikonduktor mutakhir mulai dari DRAM 14-nanometer (nm) terkecil di dunia dan V-NAND terdepan hingga solusi logika sub-5nm,” kata CEO dan Presiden Divisi Solusi Perangkat Samsung Kyung Kye-hyun.

Lini P3 dilengkapi dengan mesin litografi ekstrim ultraviolet (EUV) ASML dari pembuat peralatan chip Belanda, yang sangat penting untuk membuat chip canggih.

Samsung juga mengatakan telah memulai pekerjaan dasar untuk lini manufaktur lain, P4, di kampus Pyeongtaek.

Rumah bagi 60 ribu karyawan, kampus Pyeongtaek hampir seukuran kampus Giheung dengan luas 1,45 juta meter persegi, dan gabungan kampus Hwaseong 1,6 juta meter persegi, menurut Samsung.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *