TrikInternet.NET – Berdasarkan riset internal samsung, secara umum permintaan smartphone 5G dilaporkan semakin meningkat pada Q1 2021 hingga menjadi 15 persen. Hal ini juga diikuti peningkatan kontribusi smartphone 5G pada Q2 2021 terhadap total smartphone yang mencapai 16 persen secara global.

Untuk Indonesia, kehadiran 5G Juni lalu yang pertama kali dibawa oleh Telkomsel sedikit banyak menjadi trigger pada industri telko. Usai Telkomsel, kemudian menyusul Indosat Ooredoo dan XL Axiata juga turut mengumumkan layanan 5G di Indonesia.

Bagi bisnis ponsel pintar, mulai hadirnya 5G juga membuat pasar mulai terbentuk. Hal inilah yang membuat samsung akhirnya membawa 5G ke kelas terjangkau dengan menghadirkan Galaxy M52 5G. Seperti namanya, seri Galaxy M ini telah didukung oleh teknologi jaringan seluler generasi kelima alias 5G dan menjadi yang pertama di seluruh line-up M Series.

Sebelumnya, smartphone 5G samsung ada di model kelas atas saja seperti S Series, Z Fold dan Z Flip 3 5G yang diluncurkan belum lama ini. Untuk Galaxy M52 5G, menjadi yang pertama dibekali 5G di serinya, TrikInternet.NET berkesempatan untuk menjajal perangkat ini. Simak ulasan selengkapnya.

Desain
Desain Galaxy M52 5G menurut kami tampil lebih baik ketimbang seri M lainnya. Pertama kali melihat dan menggenggam perangkat ini, langsung kami rasakan bahwa handset ini lebih tipis dari M Series sebelum-sebelumnya.

Saat kami ukur, dimensi keseluruhan dari Galaxy M52 5G mencapai 164,2 x 76,4 x 7,4 mm dengan bobot hanya 173 gram saat kami timbang. Sudah menjajal seri M sejak seri ini pertama kali hadir, langsung kami simpulkan bahwa Galaxy M52 5G kali ini sangat tipis dan ringan jika dibandingkan dengan para pendahulunya.

Menilik desain perangkat ini secara keseluruhan juga tampak lebih manis dan minimalis dengan pilihan warna light blue, black, dan white. Di bagian belakang, kesan minimalis dibalut dengan desain dan pewarnaan ddengan corak garis-garis tipis.

Di bagian kiri atas punggung smartphone, ada tiga buah kamera belakang yang disusun secara vertikal lengkap dengan LED Flash Light yang dikemas dalam modul persegi atau square. Modul kamera seperti ini familiar dan telah diadopsi samsung hampir di seluruh model smartphonenya.

Selain modul kamera, area belakang polos dan tak ada sentuhan berlebihan yang membuat perangkat jadi terkesan norak. Di bagian tengah bawah hanya ada logo samsung dan informasi nomor IMEI sebagai identitas perangkat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *