Table of contents: [Hide] [Show]

Mengawali tahun 2023, realme Indonesia langsung menghadirkan sebuah smartphone dengan pengalaman premium setara flagship melalui realme 10 Pro+ 5G. Slogan “Curved Display, New Vision” langsung terpancar dari tampilannya, seolah menandakan standar baru untuk realme Number Series.

Tentunya untuk berikan pengalaman flagship, tidak cukup pada segi desainnya saja. Faktor lain seperti kualitas layar, kualitas kamera maupun performa juga bakal jadi faktor penentu utama lainnya. Secara spesifikasi di atas kertas, memang terlihat mumpuni. Namun bagaimana dengan kenyataannya?

Berikut adalah ulasan lengkap realme 10 Pro+ 5G, smartphone realme terbaru yang tampil dengan desain dan layar premium.

Desain

realme 10 Pro+ 5G

Melalui realme 10 Pro+ 5G, realme Indonesia ingin memberikan pengalaman flagship yang premium ke dalam realme Number Series lebih jauh lagi. Dan hal tersebut langsung dapat Gizmo friends lihat dari segi desainnya, yang terlihat premium tidak hanya dari sisi belakang, namun juga sisi depannya.

Ya, akhirnya realme 10 Pro+ 5G mengadopsi teknologi layar lengkung alias curved screen, membawa benefit tersendiri selain membuatnya terlihat lebih premium. Bodi belakangnya juga dirancang memiliki lekukan pada kedua sisi samping kiri dan kanannya. Dengan profil bobot 175 gram dan ketebalan kisaran 7,95mm untuk varian Hyperspace (173 gram dan 7,78mm untuk varian Dark Matter), membuatnya sangat nyaman untuk digenggam satu tangan maupun dibawa-bawa.

Dimensi realme 10 Pro+ 5G yang ramping, ditambah dengan lengkungan pada sisi kiri dan kanan menjadikan smartphone premium satu ini terasa lebih mudah dioperasikan. Sementara bobot ringannya juga bisa dibilang impresif, mengingat kapasitas baterai yang diusungnya tergolong sangat besar. Namun mari kita fokus kepada Hyperspace Design lebih dahulu.

Ya, pada opsi warna Hyperspace, bodi belakangnya dapat menampilkan beragam warna sekaligus dalam efek gradasi, lewat pola khusus “prism acceleration” yang membuatnya semakin unik dan premium. Efek perubahan warna seolah terpancar dari lingkaran modul kameranya, yang kini terdiri dari dua lingkaran besar untuk impresi klasik nan mewah.

Opsi warna realme 10 Pro+ 5G Hyperspace jadi favorit kami karena terlihat stylish dan berbeda, namun pada saat yang bersamaan tergolong bisa menyembunyikan sidik jari karena warnanya yang cerah. Namun kalau Gizmo friends ingin warna lebih gelap, bisa melirik varian warna Dark Matter yang juga tak kalah terlihat premium.

Karena profil ramping tersebut, realme 10 Pro+ 5G nyaman digunakan tanpa case, dan tidak begitu licin. Namun bila dirasa perlu, Gizmo friends tentu bisa memanfaatkan soft case yang tersedia dalam paket penjualannya, untuk berikan perlindungan ekstra, tanpa membuat smartphone jadi terasa sangat tebal.

Layar

realme 10 Pro+ 5G

Sebelumnya, kami sebutkan kalau layar lengkung pada realme 10 Pro+ 5G tak hanya membuatnya terlihat stylish saja. Ya, pasalnya setelah beberapa pekan penggunaan, kami bisa bilang kalau kualitas panel yang digunakan benar-benar berkualitas setara flagship premium. Termasuk ketebalan bezel yang mengelilinginya, sangat ramping!

Bahkan bezel bawah realme 10 Pro+ 5G hanya setebal 2,33mm, diklaim paling tipis untuk segmen harganya. Berkat bezel yang tipis, realme 10 Pro+ 5G bisa membawa ukuran layar besar 6,7 inci tanpa membuat dimensi bodi keseluruhan jadi terlalu besar. Layar Curved Vision Display 120Hz juga bisa tampilkan visual memukau sekaligus membuat mata tetap nyaman.

realme 10 Pro+ 5G

realme 10 Pro+ 5G merupakan smartphone dengan layar AMOLED pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland Flicker Free, sekaligus Low Blue Light pada tingkat hardware. Artinya, pengguna tidak akan mengalami mata cepat lelah meski memandangi layar sepanjang hari, tanpa mengubah visual warna yang ditampilkan. Juga diberikan algoritma anti-mistouch terdepan, yang membuat kami tidak pernah mengalami kejadian tersentuh secara tidak sengaja akibat lengkungan layarnya.

Dengan lengkungan 61 derajat pada sisi kiri dan kanan, memberikan efek imersif ketika menonton video atau bermain gim pada mode landscape. Sertifikasi HDR10+, dukungan 1 milyar warna, kontras tinggi 5.000.000:1 dan kecerahan layar maksimum 800 nits juga membuat konten pada layar realme 10 Pro+ 5G terlihat maksimal pada beragam kondisi pencahayaan. Termasuk saat malam hari, berkat 2160Hz PWM Dimming untuk visual bebas flicker.

realme juga telah menguji daya tahan layar realme 10 Pro+ 5G. Selain memberikan lapisan pelindung layar yang sudah terpasang, kacanya juga sudah berlapis double-reinforced glass setebal 0,65mm. Berhasil melalui setidaknya 28 ribu kali micro-drop test.

Kamera

realme 10 Pro+ 5G

Walaupun lingkaran kameranya terlihat hanya ada dua, sejatinya realme 10 Pro+ 5G dilengkapi oleh tiga sensor kamera berbeda pada bodi belakangnya. Secara resolusi, kamera realme 10 Pro+ 5G meningkat menjadi 108MP ProLight Camera, gunakan sensor Samsung HM6 yang diperkuat dengan peningkatan berbasis software seperti HyperShot Imaging Architecture.

Sementara dua sensor lainnya berjenis ultra wide-angle 8MP dan ultra macro 2MP dengan jarak terdekat 4cm. Bagaimana dengan kualitas gambarnya? Sensor utama pada realme 10 Pro+ 5G membawa teknologi Nonapixel Plus 9-in-1, hasilkan foto pada resolusi 12MP dengan ukuran piksel individu lebih besar. Sehingga kualitas low-light diharap bisa lebih baik dari sebelumnya.

Dalam berbagai kondisi pencahayaan, foto yang ditangkap dari kamera realme 10 Pro+ 5G terlihat mampu menampilkan warna yang lebih nyata, dengan dynamic range yang cukup efektif menyeimbangkan eksposur dalam berbagai situasi pencahayaan menantang. Yang juga kami rasakan adalah pemrosesan ambil gambar lebih instan, termasuk dalam kondisi low-light, berkat adanya QuickShot Acceleration Engine.

Mode Street Photography 3.0 kini juga dilengkapi dengan sejumlah filter dan opsi watermark baru. Dan berkat adanya mode pengambilan gambar 108MP, kamu bisa lakukan cropping lebih leluasa setelah ambil gambar. Lebih detailnya, berikut beberapa hasil foto dari kamera realme 10 Pro+ 5G, yang juga dapat kamu akses pada album berikut ini.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *