Jakarta, MediaTek kembali mengungguli kompetitornya, seperti Apple dan Qualcomm dalam pasar chipset smartphone global. Berdasarkan laporan terbaru Counterpoint, MediaTek mampu mempertahankan posisinya selama kuartal ketiga (Q3) tahun 2022

Seperti diketahui, persaingan di pasar chipset smartphone sangatlah kompetitif. Produsesn chipset seperti Qualcomm maupun Apple terus bersaing dalam kontribusinya untuk pengiriman besar secara global.

Meski begitu, MediaTek masih memimpin pasar, menurut riset Counterpoint Global Smartphone Application Processor (AP) Market Share. Di mana MediaTek telah mempertahankan pangsa pasar yang stabil, yakni berada di sekitar 35 persen hingga 40 persen dalam beberapa kuartal terakhir.

Hal ini dapat terjadi berkat keberhasilan SoC Dimensity 9200 di segmen premium dan kemitraan dengan perusahaan Tiongkok besar seperti vivo serta OPPO. Sedangkan rivalnya, yakni Qualcomm hanya mengalami pertumbuhan pangsa pasar yang cenderung tipis pada kuartal tiga tahun 2021 dibanding kuartal yang sama tahun 2022 dari 27 persen ke 31 persen.

Dilansir dari Gizmochina (22/12), secara keseluruhan pasar globel diperkirakan akan melambat pada kuartal keempat 2022 karena pemotongan pesanan dari perusahaan utama Tiongkok. Hingga penyesuaian inventaris pelanggan yang sedang berlangsung, kondisi ekonomi makro global, dan pasar Tiongkok yang lemah.

Baca Juga:Dimensity 8200, Chipset Premium Terbaru dari Mediatek

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *