JawaPos.com – Ketertinggalan Apple dibandingkan pesaing teknologi lainnya ternyata tidak hanya untuk perangkat smartphone saja. Laptop juga demikian. Saat tren komputer jinjing beralih ke layar sentuh, konsep layar ganda atau hybrid 2-in-1, laptop Apple masih gitu-gitu saja.

Memang laptop Apple yakni MacBook terkenal canggih, ngebut, namun itu tadi, bentuknya gitu-gitu saja. Nah, untuk mengejar ketertinggalannya, Apple dilaporkan sedang mengerjakan perangkat laptop yang akan dibekali fitur layar sentuh.

Apple dilaporkan sedang mengerjakan MacBook layar sentuh. Meskipun rencana tersebut belum selesai, sumber Bloomberg mengatakan bahwa laptop Apple yang ramah sentuhan dapat tiba pada tahun 2025.

Untuk perusahaan yang mengatakan bahwa sentuhan lebih baik pada produk seperti iPad, MacBook layar sentuh akan menjadi perubahan besar. Tetapi perlu dicatat, Apple tetaplah Apple, perusahaan teknologi yang terkenal konservatif, enggan ikut arus dan suka dengan idenya sendiri.

Jangan mengharapkan perubahan besar dari desain laptop Apple tradisional. MacBook Pro layar sentuh yang diduga “kemungkinan” masih menjalankan macOS dan menyertakan trackpad dan keyboard standar.

Tapi, mirip dengan laptop Windows dan 2-in-1, itu akan menggabungkan ketukan dan gerakan layar. Laporan tersebut mengatakan Apple dapat memperluas input sentuh untuk menyertakan model Mac lainnya dari waktu ke waktu, tetapi saat ini tidak berencana untuk menggabungkan macOS dan iPadOS.

Selain itu, laporan tersebut menegaskan kembali bahwa Apple mengalihkan tampilan Mac-nya ke OLED sebagai bagian dari perombakan MacBook Pro yang lebih luas. Mac saat ini memiliki LCD, sementara iPhone (kecuali iPhone SE) dan Jam Tangan Apple menggunakan layar OLED.

Apple meluncurkan Touch Bar pada tahun 2016 sebagai setengah dari kemampuan layar sentuh penuh di MacBook. Strip di atas keyboard menyertakan pintasan sistem dan dalam aplikasi, saran ejaan, dan input ramah sentuhan lainnya namun tidak pernah diikuti oleh pengembang atau pelanggan paling setia Apple dan akhirnya dihapus dari desain ulang MacBook Pro Apple 2021.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *