TrikInternet.NET – Selain besaran RAM, Apple memang diketahui tidak membagikan informasi ukuran baterai setiap kali peluncuran produk iPhone barunya. Begitu pun pada trio iPhone 11 yang juga tak diketahui persis berapa ukuran baterainya.

Namun, hal itu akhirnya terungkap setelah saluran YouTube Vietnam, DChannel membongkar dan mengupas habis perangkat iPhone 11 Pro Max. Dikutip TrikInternet.NET dari SlashGear, Sabtu (21/9), pembongkaran perangkat itu merupakan yang pertama setelah trio iPhone 11 resmi dipasarkan di beberapa negara yang menjadi pasar penting Apple.

IPhone 11 Pro Max diketahui menjadi varian paling andal dari keluarga iPhone terbaru saat ini. Setelah dibongkar, terungkap beberapa hal menonjol dari perangkat tersebut. Pertama, ia mengungkapkan baterai 15,04 Wh 4.000 mAh.

iPhone 11 Pro Max dibongkar habis dan terungkap kapasitas baterainya. (YouTube/DChannel/SlashGear)

Baterai segitu merupakan ukuran yang 25 persen lebih tinggi dari catu daya iPhone XS Max tahun lalu yang hanya mengemas tenaga 12,08 Wh 3.969 mAh. Selain karena chip A13 Bionic yang lebih efisien dan iOS 13 yang mungkin juga lebih efisien, baterai yang lebih besar ini diprediksi akan menghemat masa pakai baterai Apple 4 hingga 5 jam lebih lama dibandingkan dengan model tahun lalu.

Namun yang lebih menarik adalah bentuk baterainya. IPhone XS Max menggunakan bentuk-L yang terbuat dari dua baterai persegi panjang biasa yang dihubungkan bersama. Sebaliknya, baterai L iPhone 11 Pro Max tampaknya dibuat dari satu bagian utuh.

Apple juga cenderung mengecilkan ukuran RAM, karena cukup hemat dalam penggunaan memori dan multi-tasking. Menurut pengembang Steve Troughton-Smith, alat pengembangan Xcode mengonfirmasi bahwa ketiga iPhone memiliki RAM 4 GB, bukan 6 GB, seperti model Max tahun lalu dan melanjutkan praktik Apple menjaga RAM seminimal mungkin.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, hari ini Sabtu (21/9), Singapura menjadi pasar Asia Tenggara pertama yang mendapatkan perangkat trio iPhone 11 untuk dijual ke pasaran. Indonesia belum. Di Singapura, iPhone 11 dibanderol mulai dari SGD 1.149 atau sekitar Rp 11,8 jutaan dan akan tersedia dalam tiga kapasitas penyimpanan, yakni 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Selanjutnya ada iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang masing-masing akan dibanderol mulai dari SGD 1.649 dan SGD 1.799 atau berkisar di Rp 16,9 jutaan dan Rp 18,4 jutaan. Kapasitas penyimpanan yang tersedia adalah 64 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *