JawaPos.com – Apple dikenal bukan sebagai merek yang suka ikut-ikutan begitu fitur baru dijajakan di pasar. Dalam banyak kasus, Apple lebih cenderung suka meluangkan waktu untuk melihat fitur dan cara terbaik untuk melayani kepentingan perusahaan dan penggunanya.

Untungnya Apple memiliki basis penggemar yang sangat sabar dan setia yang akan menunggu versi iPhone. Misalnya saja fitur Always-On-Display (AOD) yang telah ada di Android selama beberapa tahun, namun di seri iPhone 14 merupakan iPhone pertama yang hadir dengan fitur ini.

Berbeda dengan Android, fitur AOD iPhone 14 Pro bisa menampilkan wallpaper layar penuh. Ini yang membuatnya berbeda dengan fitur AOD di Android. Dalam pembaruan berikutnya, Apple menambahkan “AOD tampilan teks” biasa yang sudah kita kenal di sistem Android.

Meski demikian, banyak pengguna yang masih khawatir fitur ini akan menghabiskan banyak daya. Benarkah demikian?

Berdasarkan tes terbaru oleh YouTuber PhoneBuff, terungkap bahwa fitur ini tidak menghabiskan begitu banyak daya. Tes mengungkapkan hasil dalam tiga pengaturan. Satu dengan Wallpaper AOD aktif, satu lagi dengan AOD uji aktif dan yang terakhir dengan AOD tidak aktif.

Dari hasil pengujian tersebut, diketahui kalau rata-rata saat wallpaper AOD aktif, perangkat mengalami penurunan 0,8 persen per jam. Jika Anda menggunakan AOD teks, perangkat akan turun 0,6 persen per jam.

Sementara dalam penggunaan wallpaper 24 jam yang ekstrem, perangkat ini (iPhone 14 Pro) akan turun dari 100 persen menjadi 80 persen. Namun, dalam kondisi yang sama untuk AOD teks, baterai akan turun menjadi 84 persen. Hasil tes ini agak konsisten dengan tes PhoneArena beberapa bulan lalu.

Sisi positif dari tes ini adalah dilakukan dalam kondisi ekstrem. Artinya, dalam penggunaan normal, kinerja baterai akan jauh lebih baik. Dengan demikian, kita dapat melihat bahwa fitur AOD mengkonsumsi sedikit daya dari perangkat.

Namun, jika Anda keluar dan tidak memiliki akses untuk mengisi daya, atau tidak membawa power bank, ads baiknya Anda mematikan AOD untuk menghemat sedikit daya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *