JawaPos.com – Setelah meluncurkan banyak TV dan fitur perangkat lunak baru di acara Consumer Electronics Show (CES) 2023, Samsung meluncurkan dua teknologi mandiri bernama Ready Care dan Ready Tune. Kedua teknologi tersebut digarap Samsung menggandeng, Harman.

Ready Care merupakan salah satu teknologi yang sangat menarik yang diungkap oleh Samsung. Ready Care menggunakan banyak informasi dan kemudian mengubah pengaturan mobil untuk memastikan keselamatan berkendara.

Sementara mengenai Ready Tune, ini adalah teknologi yang diklaim bisa secara cerdas menyesuaikan keluaran suara untuk memberikan pengalaman audio terbaik di kelasnya.

Secara lebih mendalam, Ready Care bisa mengkaji kesehatan fisik dan mental pengemudi. Ini memodifikasi pengaturan mobil berdasarkan data yang dikumpulkan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Menggunakan kamera dan sensor yang dipasang di dalam mobil serta informasi terkait kesehatan dari perangkat yang dapat dikenakan seperti Galaxy Watch, teknologi baru dari Harman dan Samsung ini dapat mendeteksi gangguan kognitif, gangguan visual, dan kelelahan (fatigue) pada pengemudi.

Berdasarkan ketiga faktor tersebut, Ready Care kemudian dapat mengubah sejumlah pengaturan kendaraan untuk meningkatkan keamanan berkendara mereka. Misalnya, sistem akan mengingatkan agar pengemudi tetap terjaga dengan menyesuaikan level audio, pencahayaan interior, dan pengaturan AC jika mengetahui bahwa pengemudi mengantuk.

Demikian pula dengan ini, sistem akan mengaktifkan fungsi yang dikenal sebagai Perutean Bebas Stres jika menentukan bahwa pengemudi sedang stres. Hal ini bisa dilakukan dengan pembacaan perangkat Galaxy Watch.

Bahkan jika membutuhkan rute yang lebih panjang, teknologi ini akan menawarkan jalur navigasi dengan lebih sedikit lalu lintas dan masalah terkait cuaca juga akan diantisipasi untuk menjaga tingkat stres pengemudi tetap terkendali.

Kemudian ada Mode Santai. Fungsi ini dapat mengoperasikan peralatan rumah pintar termasuk lampu, AC, dan TV dengan bantuan Samsung SmartThings. Sesaat sebelum pengemudi pulang, Relaxing Mode akan memodifikasi berbagai pengaturan gadget tersebut sesuai dengan kondisi mental pengemudi agar lebih rileks.

Samsung berharap dapat meningkatkan keselamatan berkendara dan menawarkan integrasi tanpa batas di berbagai sistem yang terhubung berdasarkan data yang diperoleh melalui kamera dan sensor dalam mobil, memanfaatkan informasi kesehatan yang diterima dari gadget seperti Galaxy Watch, dan menggunakan layanan perusahaan seperti SmartThings.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *