Cara Optimasi SEO untuk Website dan Blog

Diposting pada 106 views

Cara Optimasi SEO untuk Website dan Blog – Ketika kamu mulai berkecimpung di dunia blogging maka kamu akan menemukan intilah SEO. SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya adalah teknik untuk optimasi website atau blog. Pada dasarnya SEO ini sangat penting untuk sebuah website atau blog karena dapat mempengaruhi peringkat di hasil pencarian.

Di dalam SEO ada banyak sekali faktor yang perlu di perhatikan untuk membuat peringkat website naik pada hasil pencarian dengan cepat. Untuk memudahkan praktiknya SEO di bagi menjadi dua yaitu SEO On Page dan SEO Off Pgge. Nah, di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara optimasi SEO untuk website dan blog dengan baik dan benar.

Cara Optimasi SEO untuk Website dan Blog

Kedua teknik SEO yaitu On Page dan Off Page sama-sama memiliki peran yang penting dalam membantu proses peningkatan peringkat website pada hasil pencarian. Maka dari itulah sebagai pemilik website, kamu perlu menerapkan kedua teknik SEO tersebut agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Di kutip dari situs Matadigital.id berikut ini langkah-langkah untuk cara optimasi SEO website dan blog dengan benar.

Gunakan Permalink Sederhana

Di tahun 2019 lalu permalink sederhana jadi indikator penting dalam SEO. Karena permalink yang sederhana akan membantu Google dalam mengenali topik dari suatu halaman website. Idealnya sebuah permalink hanya berisikan focus keyword yang di targetkan saja. Selain itu denga permalink yang pendek dan sederhana tentu kamu pun akan jadi lebih mudah untuk mengingatnya.

Baca Juga:  Simak Nih, 7 Tips dan Cara Memakai HP Android dengan Benar!

Buat Judul Artikel yang Menarik

Ketika ada seseorang mencari kata kunci tertentu di mesin pencari Google, maka mereka hanya dapat melihat judul serta deskripsi singkat mengenai konten kamu pada hasil pencarian. Maka dari itu kamu perlu membuat judul artikel semenarik mungkin agar orang langsung tertarik untuk membaca artikel kamu. Kamu dapat menambahkan angka atau kata sifat untuk membuat judul artikel jadi lebih menarik lagi.

Menurut Content Marketing Institute judul yang mengandung angka menghasilkan performa 45 persen jauh lebih baik ketimbang judul yang tidak ada angkanya sama sekali. Tentu saja tidak semua judul artikel kamu cocok untuk di tambahkan angka. Kamu masih menggunakan teknik lain untuk membuat judul artikel kamu tampak lebih menarik bagi pembaca.

Gunakan Gambar dan Video

Konten yang hanya berisi tulisan saja tentu akan membuat para pembaca merasa bosan. Selain itu, konten tanpa visual apapun juga akan membuat pembaca merasa lelah untuk membacanya. Jadi sebaiknya kamu menambahkan setidaknya satu atau dua di setiap konten yang kamu buat.

Akan jadi lebih baik jika kamu juga menambahkan media visual lainnya seperti video. Menurut Vidyard, konten yang memiliki video di dalamnya memiliki peluang 53 kali lebih besar masuk di dalam peringkat pertama Google ketimbang konten yang tidak memiliki video atau media visual lainnya.

Optimasi Gambar

Supaya gambar yang kamu tambahkan di dalam konten bisa memaksimalkan SEO website kamu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Pertama pastikan ukuran gambar tidak terlalu besar karena gambar yang terlalu besar malah akan memperlambat loading dari website kamu. Maka dari itu sebelum di upload ada baiknya kamu melakukan kompres terhadap gambar yang ingin di tambahkan.

Baca Juga:  Inilah Ciri-ciri Kulit Wajah Sehat, Idaman Semua Wanita

Kedua, berikan juga nama file yang sesuai dengan focus keyword target konten kamu. Nama file yang sesuai dengan focus keyword akan membantu gambar kamu untuk muncul di Google Image Search. Ketiga tambahkan alt text sesuai dengan focus keyword target kamu. Karena alt text akan sangat membantu Google dalam mengindentifikasi isi dari konten yang kamu buat.

Lakukan Link Building

Teknik terakhir dalam SEO adalah link building atau membangun backlink. Backlink sendiri sangat berguna sekali untuk meningkatkan otoritas website, menjaga reputasi website bahkan hingga menigkatkan traffic website. Tentu saja backlink yang di maksud adalah backlink yang berkualitas yang berasal dari situs web atau blog berkualitas.

Adapun cara untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah kamu dapat melakukan guestpost dengan mencari blog yang menerima content placement. Se;ain itu kamu juga dapat membeli backlink dari penyedia jasa backlink murah yang bisa kamu temukan di internet. Lalu kamu juga dapat membangun PBN sendiri sebagai tempat untuk menanam backlink.

Nah, itu tadi adalah cara optimasi SEO untuk website dan blog dengan benar. Dengan melakukan cara-cara di atas di harapkan performa website dan blog kamu bisa terus meningkat.

 

Gambar Gravatar
Namaku Karina, aku hanyalah blogger biasa, saya suka mereview produk kecantikan, skincare, Bisnis Online dan Tips internet lainnya, jika kamu suka dengan artikelku ini bagikan ya, biar semua ikut membaca. trima kasih ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *