Cara Mengunci Folder Dengan Password di PC

Diposting pada 13 views

Cara Mengunci Folder Dengan Password di PC –  PC atau Laptop adalah salah perangkat yang masih belum bisa tergantikan untuk saat ini. Meskipun saat ini telah hadir berbagai ponsel pintar dengan kemampuan yang canggih. PC sendiri lebih sering di gunakan orang untuk mengerjakan tugas baik itu tugas kantor maupun sekolah. Misalnya saja seperti membuat dokumen atau melakukan editing video dan foto.

Bahkan tak jarang orang sangat menjaga PC atau Laptop emereka dari orang lain karena memang di dalamnya terdapat banyak dokumen atau berkas penting. Sehingga tidak sembarang orang boleh menggunakan dan membuka dokumen tersebut. Solusi terbaik supaya semua dokumen dan berkas tersebut tetap aman adalah dengan memberikan sebuah password jika ingin membukanya. Namun apakah hal ini mungkin untuk di lakukan?.

Tentu saja hal ini sangat mungkin untuk di lakukan melihat fungsi dan kemampuan dari PC atau Laptop sangatlah banyak, termasuk juga dalam hal keamanan. Di mana para pengguna dapat memberikan kata sandi ataupun password pada berkas yang di anggap sangat penting. Nah, di dalam artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana cara mengunci folder dengan password di PC dan Laptop dengan mudah.

Cara Mengunci Folder Dengan Password di PC

PC dan Laptop sendiri memiliki banyak sekali software yang akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal, termasuk juga dalam mengamankan folder atau dokumen milik kita. Ada salah satu software yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk para pengguna PC, yaitu software Winrar. Memang software yang satu ini adalah software yang sering di gunakan orang untuk mengkompres suatu folder agar ukurannya menjadi lebih kecil. Namun lebih dari itu, software ini juga ternyata memungkinkan kita untuk menambahkan password pada folder yang ingin do kompres.

Baca Juga:  Referensi Sewa Apartemen Bulanan

Jadi jika ada dokumen atau file yang kamu anggap penting kamu bisa menyimpannya di dalam sebuah folder. Nantinya folder tersebut akan kita berikan sebuah kata sandi atau password, sehingga jika ingin membuka folder tersebut harus memasukkan password terlebih dahulu. Di kutip dari situs Sudut PC berikut ini adalah langkah-langkah mengenai bagaimana cara mengunci folder dengan password di PC dan Laptop.

Langkah 1 – Sebelumnya pastikan jika di PC dan Laptop kamu sudah terpasang software Winrar, jika belum kamu bisa mengunstallnya terlebih dahulu.

Langkah 2 – Pertama masukkan semua dokumen atau file yang di anggap penting ke dalam folder yang ingin di berikan sebuah password.

Langkah 3 – Kemudian arahkan kursor ke bagian folder dan klik kanan. Lalu pilih opsi Add Archive untuk melakukan kompresi pada folder tersebut.

Langkah 4 – Maka akan muncul kotak dialog baru. Di sini kamu bisa mengatur beberapa hal seperti archive name, archive format, compress metode dan lain sebagainya.

Langkah 5 – Nah, untuk menambahkan password pada folder tersebut kamu bisa menekan tombol set password yang terletak di bagian bawah kotak dialog.

Langkah 6 – Masukkan kata sandi yang mudah di ingat namun sulit di tebak pada kolom bagian atas, lalu masukkan kembali pada kolom di bagian bawah.

Langkah 7 – Jika semua sudah kamu atur maka langkah terakhir tinggal menekan tombol OK pada bagian paling bawah dan tinggu sampai proses kompresi selesai.

Sekarang kamu bisa melakukan percobaan terhadap folder yang telah kamu berikan password tadi. Sedangkan untuk folder yang tidak kamu berikan password ada baiknya kamu hapus saja supaya tidak ada orang yang membuka folder tersebut dan melihat dokumen atau file penting kamu.

Baca Juga:  Tehnik Earning Dolar dari SHUTERSTOCK

Nah, itulah langkah-langkah untuk cara mengunci folder dengan password di PC dan Laptop dengan menggunakan software Winrar. Dengan begitu tidak sembarang orang dapat mengakses dan membuka folder yang berisikan dokumen penting, Hanya kamu dan orang yang mengetahui password untuk membuka folder tersebut saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *