TrikInternet.NET – Apple sudah menghadirkan smartphone teranyarnya, iPhone 11 terbaru di beberapa pasarnya di Amerika Serikat (AS), Eropa, dan Asia Tenggara. Sayangnya, perangkat yang diumumkan pada September lalu itu belum sampai ke Indonesia.

Mengacu pada kebiasaan lama, kehadiran iPhone untuk pasar Indonesia biasanya melenggang jelang akhir tahun. Desember kerap menjadi momen perilisan smartphone premium itu di Tanah Air.

Soal kehadiran iPhone 11 terbaru ini, Smartfren, salah satu partner Apple di Indonesia belum berani mengungkapkan kapan perangkat tersebut akan diboyong ke Indonesia. Namun begitu, Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan, keputusan soal iPhone 11 baru bisa dilayangkan bulan depan.

“Belum masuk (iPhone 11). Lagi dibicarakan. Kita dua tahun berturut-turut kerja sama dengan mereka (Apple). Ini lagi mau dibicarakan, mungkin dalam satu bulan ini. Bulan depan kita putuskan,” kata Djoko di Jakarta, Rabu (30/10).

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim di Jakarta, Rabu (30/10). (Rian Alfianto/TrikInternet.NET)

Djoko dalam kesempatan tersebut juga menyebut bahwa ada cukup banyak pelanggan Smartfren yang menggunakan iPhone. Namun demikian, secara unit, jumlah kontribusi penjualan paket bundling iPhone tidak begitu besar. Pasalnya, iPhone merupakan produk yang menyasar konsumen menengah atas dengan harga mencapai Rp 20 jutaan.

“Memang (iPhone) menengah atas harganya, paling besar itu Samsung, Oppo, dan xiaomi jumlahnya hampir 80 persen (dari total pengguna Smartfren),” kata dia.

Sebagaimana diketahui, Smartfren pertama kali menghadirkan paket bundling iPhone untuk iPhone 7 pada Maret 2017 lalu. Selanjutnya, masih tahun yang sama yakni Desember 2017, Smartfren kembali memboyong iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan seri iPhone X ke Indonesia.

Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, Apple dengan trio iPhone 11 terbarunya yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max sudah hadir di Singapura. Di sana, iPhone 11 dibanderol mulai dari SGD 1.149 atau sekitar Rp 11,8 jutaan dan akan tersedia dalam tiga kapasitas penyimpanan yakni 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Selanjutnya ada iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang masing-masing akan dibanderol mulai dari SGD 1.649 dan SGD 1.799 atau berkisar Rp 16,9 jutaan dan Rp 18,4 jutaan. Kapasitas penyimpanan yang tersedia adalah 64 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *