TrikInternet.NET – Ramai beredar mengenai render desain iphone 14 Series yang akan datang. Kini, melengkapi bocoran tersebut, kembali beredar luas perangkat yang diduga merupakan dummy iphone 14 Series.

Dummy sendiri adalah perangkat replika, bentuknya sudah merupakan akhiran dari ilustrasi kreatif. Sudah layaknya smartphone yang akan hadir, bedanya dummy tidak bisa dipakai, hanya untuk melihat wujudnya saja.

Seperti sudah disinggung di atas, tentu saja ini bukan perangkat yang bisa berfungsi, tetapi setidaknya dummy memungkinkan kita untuk memahami dimensi dan perbedaan antara satu model dengan model lainnya.

Ada empat dummy yang fotonya beredar luas di jagat maya. Pertama, ada dummy yang diyakini sebagai perangkat iphone 14 dengan ukuran layar 6,1 inci. Kemudian ada juga dan iphone 14 Max (6,7 inci), iphone 14 Pro (6,1 inci) dan 14 Pro Max (6,7 inci).

Seperti bisa dilihat pada gambar, untuk pertama kalinya, iphone 14 Series diduga kuat akan memiliki lubang di bagian layar untuk menampung kamera depan dan sensor. Sampai saat ini, desain iphone memang tak banyak berubah dan cenderung ketinggalan tren kekinian.

Dari dummy yang beredar luas, terlihat juga bahan yang akan dipakai di iphone 14 juga akan berubah. Setidaknya menurut dummy yang beredar, varian Pro akan hadir dengan bahan stainless steel dan aluminium di model yang lain.

Ada juga yang percaya bahwa kedua model premium ini bahkan terbuat dari paduan titanium. Entah benar atau tidak, sekali lagi ditegaskan bahwa semua jabaran teknis mengenai iphone 14 Series semuanya masih sebatas rumor.

Namun sebagaimana dikutip dari WCCFTech, baru-baru ini, analis terkenal Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa perusahaan Tiongkok TSMC tidak akan memproduksi prosesor menggunakan teknologi 3 dan 4 nm hingga tahun 2023.

Untuk tahun ini, produksi chip hanya pada teknologi 5 nm dan telah diumumkan. Seperti sebelumnya, TSMC-lah yang membuat prosesor untuk iphone; sehingga Anda dapat berharap bahwa chip apple A16 untuk iphone 14 tidak akan menggunakan teknologi proses terbaru.

Para ahli beranggapan, penggunaan proses teknologi yang sama dengan prosesor generasi sebelumnya membatasi pertumbuhan kinerja dan efisiensi energi dari solusi baru. Sebab, secara umum, apple tidak biasa menggunakan prosesor yang dibuat menggunakan teknologi yang sama selama tiga tahun berturut-turut (A14 dan A15 juga 5 nm).

Di setiap iphone generasi berikutnya (setidaknya dalam model unggulan), perusahaan lebih suka memasang chip terbaru. Sumber tersebut juga mencatat bahwa apple tidak mungkin dapat menemukan pabrikan lain yang akan menyediakannya dengan prosesor 3 dan 4 nm tahun ini pada saat iphone 14 akan diluncurkan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *