7 Tips Belajar Arduino untuk Pemula Agar Cepat Bisa

Diposting pada 11 views

Bagi kamu yang suka dengan dunia elektronika mungkin tak asing dengan platform Arduino. Akan tetapi buat kamu yang baru terjun ke dunia elektronik pasti merasa bingung dengan platform yang satu ini. Dalam mempelajari platform microcontroller Arduino di butuhkan beberapa pemahaman mendasar agar proses belajar menjadi lebih mudah.

Banyak pemula yang merasa gagal dalam mempelajari Arduino karena tidak mengikuti tahapan-tahapan yang benar agar proses belajar bisa berjalan dengan lancar. Maka dari itu pada artikel ini kamu akan mencoba memberikan sedikit

1.Mengenal Apa Itu Arduino

Sebelum menuju ke tahap yang lebih jauh, maka hal pertama yang harus kamu ketahui adalah perangkat Arduino itu sendiri. Di kutip langsung dari situs resminya, Arduino merupakan sebuah platform yang terdiri dari dua perangkat yakni Software yang di namakan Arduino IDE dan Hardware yang di namakan dengan Arduino Board. Adapun tujuan dari di buatnya Arduino ini aalah untuk membantu pengguna dalam mempelajari sesuatu yang terkait dengan elekttronika.

2.Mengelola Software

Sepperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, jika Arduino memiliki software sendiri untuk memasukkan sebuah program. Software Arduino IDE tergolong jenis software yang simpel dan sederhana sehingga mudah untuk di pelajari.

Sebelum kamu mulai memasukkan progam, maka sebaiknya kamu memahami setiap menu dan option yang ada di software Arduino IDE agar memudahkan kamu dalam mengelolanya. Kamu tak perlu pusing untuk mempelajari softwarenya, karena di situr Arduino sendiri sudah ada panduan lengkapnya yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Baca Juga:  Cara Bikin Channel Akun YouTube Dengan Mudah

3.Memilih Arduino Board yang Tepat

Sama seperti MCU pada umumnya, Arduino juga memiliki banyak carian papan sirkuit yang bisa di pergunakan. Setiap varian Board Arduino memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan.

Akan tetapi untuk para pemula biasanya yang di rekomendasikan adalah papan sirkuit Arduino Uno. Alasannya karena jenis papan ini memiliki komponen yang jauh lebih sederhana sehingga mudah untuk di pahami bagi para pemula.

4.Memilih Kit Arduino yang Tepat

Salah satu kelebihan dari Arduino adalah adanya Kit. Di mana Kit Arduino biasanya sudah menyediakan alat beserta tutorial di dalamnya sehingga sangat membantu para pemula yang ingin belajar. Harga dari Kit Arduino sendiri sangatlah beragam.

Akan tetapi kamu juga perlu berhati-hati dalam membeli Kit Arduino karena cukup banyak beredar Kit paslu. Di mana Kit Arduino tersebut tidak terdapat tutorial atau panduan di dalamnya.

5.Bergabung dengan Komunitas Arduino

Komunitas Arduino di Indonesia sendiri bisa di bilang lumayan besar, sehingga kamu tak perlu bingung mencarinya. Kamu bisa menemukan komunitas Arduino di grup Facebook atau di situs forum.

Dengan bergabung ke komunitas maka akan memudahkan kamu ketika ada masalah. Selain itu akan menambah pengetahuan kamu mengenai dunia Arduino yang bisa di bilang cukup luas sehingga di butuhkan banyak referensi untuk mempelajarinya.

6.Menggunakan eBook

Selain belajar bersama teman-teman yang ada di komunitas, kamu juga bisa memanfaatkan eBook yang di bagikan secara gratis sebagai panduan untuk belajar Arduino. Jika di komunitas mungkin kamu akan mendapatkan panduan yang bersifat acak dari para master.

Namun lewat eBook kamu bisa mendapatkan panduan yang di buat secara bertahap sesuai dengan daftar isi yang ada di dalam eBook tersebut. Sehingga hal ini akan membantu kamu dalam mempelajari Arduino secara mandiri.

Baca Juga:  Peraturan Baru Google Adsense (CCPA) Ini Penjelasannya

7.Mengikuti Kursus Arduino

Nah, jika kamu ingin di pandu oleh para master dalam mempelajari Arduino adalah dengan mengikuti kursus Arduino. Di mana dengan mengikuti kursus atau training kamu bisa mendapatkan pelatihan langsung di bimbing oleh para ahlinya.

Selain di bimbing biayanya penyedia kursus Arduino juga akan menyiapkan semua peralatan yang di butuhkan untuk proses belajar. Sehingga kamu tak perlu repot lagi untuk mencari bahan-bahan yang di butuhkan.

Nah, itulah tadi beberapa tips belajar Arduino untuk pemula agar cepat bisa. Dengan mengikuti tips di atas maka kamu bisa belajar Arduino dengan mudah dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *