4 Tips Agar Anak Tidak Rewel dan Mau Tidur

Diposting pada 77 views
Tips Agar Anak Tidak Rewel – Mendidik anak agar mandiri dan menurut apa kata orang tua bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan. Hal itu karena anak kecil masih memiliki ego yang tinggi sehingga terkadang mereka sulit untuk di atur atau diberitahu. Apalagi jika anak masih berusia di bawah 5 tahun, biasanya meraka akan sulit untuk di ajak tidur dan jika di paksa mereka malah menangis dan rewel. Karena di usia tersebut anak biasanya sangat aktif dan hanya ingin bermain terus tanpa memperdulikan waktu untuk istirahat. Sebagai orang tua yang baik, tentu tidak ingin anak kelelahan dan jatuh sakit karena terlalu asyik bermain sampai lupa waktu tidur, Nah, untuk itulah orang tua perlu menggunakan sedikit trik agar anak tidak rewel dan mau tidur.

Tips Agar Anak Tidak Rewel dan Mau Tidur

Menyuruh anak tidur ketika ia sedang asyik bermain memang perkara yang sulit untuk dilakukan. Karena ia sedang asyik dalam dunianya dan pastinya tidak ingin di ganggu apalagi di suruh untuk tidur. Nah, untuk mengatasi masalah ini orang tua perlu tahu bagaimana tips agar anak tidak rewel dan mau tidur.

Ciptakan Suasana Nyaman untuk Si Kecil

Untuk usia balita (1-5 tahun) orang tua dapat menciptakan rutinitas yang mengindikasikan waktu untuk tidur dengan cara yang menyenangkan. Misalnya saja dengan mengajak anak untuk sikat gigi bersama, membiarkannya memilih piama yang ia suka dan memilih buku dongeng yang akan di ceritakan oleh orang tua.
Baca Juga:  Tutorial Dropshipping Shopify
Cara ini terbilang cukup efektif dalam mengajarkan anak untuk mandiri dan memahami waktu untuk tidur dan bermain. Dengan menciptakan rutinitas yang berulang terus-menerus secara tidak langsung anak juga akan mengerti dan orang tua tidak perlu repot lagi memberitahukan waktu tidur untuk si kecil.

Redupkan Lampu di Ruangan

Lampu yang menyala dengan terang bisa menjadi sinyak ke otak si kecil untuk terusterjaga dan melakukan aktivitas/ Tak hanya dari lampu, namun cahaya blue light yang di pancarkan dari perangkat gadget dan televisi juga dapat membuat si kecil menjadi sulit untuk di ajak tidur karena pengaruh dari blue light tersebut. Hal itu karena cahaya blue light dapat menghambat pelepasan melatonin  yang bisa membuat tubuh menjadi rileks dan mengantuk. Nah, untuk itulah orang tua harus menjauhkan anak dari perangkat gandetnya sebagai salah sati tips agar anak tidak rewel dan mau untuk di ajak tidur.

Lakukan Kontak Fisik

Sebuah penelitian membuktikan jika metode skin-to-skin dari orang tua kepada bayi mampu memberikan rasa nyaman. Khususnya untuk bayi yang memasuki usia beberapa bulan. Bahkan beberapa penelitian juga membuktikan jika kontak fisik juga dapat membantu perkembangan otak bayi jadi lebih baik. Maka tak heran jika bayi tidak mudah menangis dan gampang untuk di ajak tidur.

Bacakan Doa ke Si Kecil

Orag tua juga bisa mencoba membacakan doa agar anak tidak rewel di malam hari dan mau untuk di ajak tidur. Di dalam islam terdapat beberapa doa yang bisa di bacakan kepada bayi yang sulit tidur di malam hari. Salah satunya adalah Surah At-Takwir ayat 20. Surah tersebut bisa di jadikan sebagai doa agar anak tidak rewel. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah. Orang tua bisa langsung membacakannya di hadapan si kecil. Atau juga bisa meniupkannya ke telapak tangan lalu mengusapkannya ke wajah si kecil.
Baca Juga:  What is a Car Bubble and What Functions
Demikianlah pembahasan kami mengenai tips agar anak tidak rewel dan mau tidur sendiri. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas maka kamu tak perlu pusing lagi untuk menyuruh s kecil tidur karena ia sudah bisa mengerti kapan waktu tidur dan kapan waktu bermain.
Gambar Gravatar
Namaku Karina, aku hanyalah blogger biasa, saya suka mereview produk kecantikan, skincare, Bisnis Online dan Tips internet lainnya, jika kamu suka dengan artikelku ini bagikan ya, biar semua ikut membaca. trima kasih ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *