JawaPos.com – Beberapa bulan setelah peluncuran sistem operasi atau OS iOS 16 dari Apple, dilaporkan masih banyak bug atau masalah di sistemnya. Pada saat itu, masalah di iOS 16 bisa dimaklumi karena sistem tersebut relatif baru sehingga adanya bug merupakan hal yang wajar.

Hanya saja, beberapa bulan kemudian, tampaknya keadaan semakin memburuk. Empat bulan setelah peluncurannya, pengguna masih melaporkan bahwa masih ada banyak bug di iOS 16.

Beberapa masalah ini termasuk pop-up keyboard lambat, restart secara acak, gangguan User Interface (UI), kamera macet, dan banyak lagi. Untuk pengguna iPhone 14 Pro Series, bug sampai membuat layar bergaris kuning.

Apple merilis iOS 16 pada September 2022 dan sejak itu telah merilis beberapa pembaruan tindak lanjut untuk mengatasi bug dan menyediakan tambalan keamanan. Pembaruan terbaru untuk sistem operasi adalah iOS 16.2 yang dirilis pada 13 Desember 2022.

IOS 16.2 menghadirkan aplikasi Infinity Notes baru yang menambahkan fitur baru ke tampilan semua cuaca iPhone 14 Pro, serta widget layar kunci baru, dan banyak lagi. Menurut laporan pengguna, dilansir dari Gizchina, hadirnya fitur-fitur baru justru menambah bug lainnya.

Di Twitter, Reddit, forum MacRumors, dan situs web dukungan resmi Apple, pengguna melaporkan mengalami jumlah bug yang sangat tinggi dan kinerja sistem yang buruk setelah pembaruan iOS 16 baru-baru ini.

Menurut pengguna, masalah berkisar dari gangguan pencarian spotlight, keyboard tidak muncul di aplikasi, baterai cepat habis, aplikasi kamera macet, masalah mode fokus, bug aplikasi Apple Music, aksesori HomeKit tidak berfungsi, dan gangguan CarPlay.

Di Reddit, pengguna melaporkan bahwa aplikasi dapat nge-freeze setelah dibuka, atau macet total saat digunakan. “Ini mulai terjadi setelah memperbarui ke iOS 16.2,” keluh para pengguna terkait bug di iOS 16.

Pengguna mengklaim bahwa kerusakan ini terjadi pada aplikasi apa saja. Jika aplikasi tidak mogok, itu akan nge-freeze selama beberapa detik. Pengguna mengeluh bahwa crash atau macet ini terjadi secara terus-menerus.

Pengguna juga melaporkan bahwa masalah dengan aplikasi Home tetap ada setelah pembaruan iOS 16.2. Fitur baru dari pembaruan ini adalah perombakan arsitektur aplikasi Home.

Apple mengumumkan arsitektur baru serta menjanjikan kinerja HomeKit yang lebih cepat dan andal. Namun, setelah rilis aplikasi baru, pengguna lagi-lagi melaporkan bahwa ada masalah dengan lampiran yang tidak berfungsi.

Hal ini kemudian memaksa Apple untuk menarik pembaruan, tetapi masalah masih ada di iOS 16.2. Laporan dari pengguna lainnya menunjukkan bahwa masalah tidak terbatas pada model iPhone tertentu.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max terbaru yang dijual lebih mahal merasakan hal yang sama. Masih ada masalah lama dimana pengguna akan merasakan lag saat hendak menutup aplikasi yang dijalankan. Apple sendiri bukan tidak melakukan apa-apa untuk mengatasi hal tersebut.

IOS 16.2 dirilis pada Desember 2022 setelah pengujian dengan pengembang dan penguji publik sejak Oktober 2022. Selama periode pengujian pada Oktober, November, dan Desember 2022, Apple merilis lima pembaruan yang mengatasi bug dan masalah yang dilaporkan oleh penguji. Namun, tetap saja sistem operasi ini masih dikeluhkan banyak terdapat gangguan.

Mengingat beberapa pengguna mengalami banyak bug di iOS 16.2, Apple dapat merilis iOS 16.2.1 untuk memperbaiki masalah tersebut. Sebelum kemudian merilis iOS 16.3 dalam beberapa minggu ke depan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *